Jl. K.H. Wahid Hasyim Kauman Gg.II No.12 Telp. (0285)426043 Pekalongan Timur 51127
Home » » MENYAMBUT KURIKULUM 2013

MENYAMBUT KURIKULUM 2013

Written By Oe-ud Al Kaumani on Monday 22 July 2013 | 05:42





[JAKARTA] Praktisi pendidikan Arief Rachman menilai Kurikulum 2013 sebenarnya memiliki konten yang baik. Di dalamnya siswa belajar “aksiologi ilmu” bukan “ontologi ilmu”. Aksiologi ilmu berarti siswa mempelajari ilmu untuk apa, sedangkan ontologi ilmu artinya ada apa dengan ilmu.

“Misalnya, kita belajar Kimia karena memang sebagian hidup kita berlangsung dari reaksi kimia. Jadi dari sudut aksiologi ilmu, misalnya, kita belajar asam bercampur lemak dalam lambung maka terjadi reaksi kimia seperti ini,” kata Arief, yang juga Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, kepada SP, Senin (22/7) pagi.

Aksiologi secara umum adalah cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunkan ilmunya. Arief menuturkan Kurikulum 2013 melatih siswa lebih aktif dan kritis terhadap sekitarnya. Terkait implementasi Kurikulum 2013, Arief mengatakan pemerintah tidak bisa mengklaim sudah siap karena masih ada kekurangan buku di sejumlah tempat. Namun, menurutnya, sekolah bisa seoptimal mungkin mengatasi kendala-kendala dalam ketidaksiapan Kurikulum 2013.

Dia mencontohkan sekolah yang kekurangan buku paket Kurikulum 2013 bisa mengambil insiatif untuk menyediakan sendiri dengan mengambil lewat situs Kemdikbud. Sebab, buku paket Kurikulum 2013 bisa diunduh secara gratis dari internet.

“Sekolah di Lab School berinisiatif sendiri. Guru belum ditatar tapi mereka ambil dari internet, download lalu buat CD untuk semua siswa,” katanya.

Arief menambahkan implementasi Kurikulum 2013 saat ini baru memasuki tahap penyesuaian. Maka, menurutnya, setiap orang harus siap menghadapi “geger penyesuaian”. “Untuk pelaksanaan ada disebut tahap penyesuaian, pendalaman, dan penguasaan. Sekarang tahap penyesuaian,” ujarnya.


Sumber : http://www.suarapembaruan.com

Share this article :

Post a Comment

Popular post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. SD Islam Kauman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger